cover
Contact Name
Ika Chastanti
Contact Email
Chastanti.ika@gmail.com
Phone
+628116511986
Journal Mail Official
nukleus@ulb.ac.id
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
ISSN : 24429481     EISSN : 26857332     DOI : https://doi.org/10.36987/jpbn
Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi dan sains Biologi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021" : 5 Documents clear
The influence of Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Learning Method to Learning Outcome of Senior High School at Labuhanbatu District (in case on the Ecosystem Discussion) || Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA di Kabupaten Labuhanbatu (dikaji pada Materi Ekosistem) Samini Samini
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v7i2.2186

Abstract

This study aims to determine the effect of biology student learning outcomes in the subject matter characteristics of living creatures that learned by using SAVI learning method in the seventh grade students of SMPN I Panai Tengah Labuhanbatu district in learning year 2019/2020. This type of research is a quasi experimental study. The research sample consisted of two classes chosen at random cluster sampling the experimental class and control class. Total students each sample were 40 people in the control group and 40 in the experimental class. To obtain the data used in this study researchers used the test as a means of collecting data as much as 40 multiple choice questions. From the calculation of normality test the experimental class using learning Metode "SAVI" there is value Sig. 0,200 > 0,05 then the population of normal distribution. Homogeneity test results biology student learning using Fisher test. Retrieved 0,226 > 0,05 then have a homogeneous variance. Hypothesis testing using t test, the test requirement is received H0 tcount <ttable, and thank Ha if the conditions are not met. 0,000 < 0,05 Ha accepted hypothesis H0 is rejected. It can be concluded that there is a significant impact on learning outcomes of students that learned by Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) methodPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran (SAVI) pada siswa kelas X SMA Negeri I Panai Tengah tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara cluster random sampling yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah siswa masing-masing sampel adalah 40 orang pada kelas kontrol dan 40 orang pada kelas eksperimen. Untuk memperoleh data yang dipergunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes sebagai alat pengumpul data sebanyak 40 soal pilihan berganda. Dari hasil perhitungan uji normalitas pada kelas eksperimen menggunakan Metode pembelajaran SAVI terdapat Sig. 0,200 > 0,05, maka  populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil belajar biologi siswa menggunakan uji statistic SPSS Diperoleh 0,226 > 0,05 maka memiliki varians yang homogen. Hasil Uji t menunjukkan nilai 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa taraf signifikan α = 0,05 H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan Metode pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)
The existence of Genus Selaginella in Gunung Sibuatan Area, The Nagalingga’s Village of Karo District, North of Sumatera|| Keberadaan Selaginella di Kawasan Gunung Sibuatan Desa Nagalingga Kecamatan Merek kabupaten Karo Sumatera Utara Jamilah Nasution; Riyanto Riyanto
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v7i2.2039

Abstract

The Mount Sibuatan area is located in Mark District, Karo Regency, North Sumatra. Selaginella which is located in the Mount Sibuatan area is at an altitude of 1550 mdpl-2236 mdpl which has high enough humidity which is a suitable habitat for Selaginella to grow. The purpose of this study was to identify the type of Selaginella found in the Mount Sibuatan area, Brand District, Karo Regency, North Sumatra. The research method used is descriptive with sampling using target sampling with exploratory techniques. The results of the study found 4 species consisting of; Selaginella intermedia (terrestrial, erect, creeping), Selaginella subalpina (terrestrial, erect), Selaginella opaca (terrestrial, epilytic, creeping) and Selaginella s.p (terrestrial, epilytic, creeping). The highest species abundance of Selaginella found were Selaginella Intermedia, this species found at an altitude of 1550 m above sea level, with environment of pH level 5.4 and temperature of 18°C. Selaginella subalpina that as the lowest abundance found at an altitude of 1550 meters above sea level, with environment of pH level 7.0 and temperature of 18°C.Kawasan Gunung Sibuatan berada pada Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Selaginella yang berada di kawasan Gunung Sibuatan berada di ketinggian 1550 mdpl- 2236 mdpl yang memiliki kelembapan cukup tinggi yang merupakan habitat yang cocok sesuai dengan pertumbuhan Selaginella. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis Selaginella yang berada di kawasan Gunung Sibuatan Kecamatan Merek Kabaputen Karo, Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan tekhnik ekplorasi. Hasil penelitian ditemukan 4 jenis terdiri dari; Selaginella Intermedia (teresterial tegak, menjalar), Selaginella subalpina (teresterial. tegak), Selaginella opaca (teresterial, epilitik, menjalar), dan Selaginella sp (teresterial, epilitik, menjalar).
Analysis the Use of Binahong Leaf Extract (Anredera cordifolia) for the Wounds Itch Treatment (case for Islamic Boarding Schools Students) Ngembal Rejo, Kudus || Analisis Pemberian Daun Binahong (Anredera cordifolia) Terhadap Penyakit Luka Gatal Pada Siswa Pondok Pesantren, Ngembal Rejo, Kudus Anis Hikmatul Maula
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v7i2.2018

Abstract

Binahong leaf (Anredera cordifolia) often known as maderia vine l eaves. Has many properties, namely as anti-inflammatory, antioxidant, antibacterial and anti-pain which is very important for the body. This property is supported by various ingredients in the leaves of binahong (A. cordifolia), in these leaves there are natural compounds in which there are flavonoids, saponins, tannins. With this content, there are many benefits of binahong leaves which are used by the village community as herbal medicine, one of which is as a healer for burns and wounds due to itching. Ancient people believed in a simple method to heal wounds caused by itching, this stdy uses direct observation in comparing the legs given collision of binahong leaves and those that do not. This study aims to prove the acceleration of wound closure with binahong leaves in a simple way.Daun binahong yang sering dikenal dengan dengan daun Maderia vine, banyak memiliki khasiat sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri serta antinyeri yang sangat penting bagi tubuh. Khasiat ini di dukung oleh berbagai kandungan dalam daun binahong (Anredera cordifolia) terdapat senyawa alami yang didalmnya meliputi flavonid, saponin, tanin. Dengan kandungan tersebut banyak manfaat dari daun binahong ini salah satunya dalah sebagai penyembuh luka bakar dan luka akibat gatal-gatal, di percaya orang zaman dahulu dengan metode sederhana untuk menyembuhkan luka akibat gatal-gatal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan percepatan penutupan luka dengan daun binahong secara sederhana. Metode penelitian ini menggunakan pengamatan secara langsung (direct observation)
The quality of Students learning Outcomes of Senior High School Using Discovery Learning Model for the Human Respiratory System Discussion (Case in SMA Negeri 1 Panai Tengah Senior High School) || Kualitas Hasil belajar Siswa SMA Negeri 1 Panai Tengah Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Materi Sistem Respirasi Manusia Tarjuriah Tarjuriah; Risma Delima Harahap
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v7i2.2182

Abstract

This research was conducted at SMA Negeri I Panai Tengah in the 2019/2020 academic year. This study aims to determine the effect of the application of the discovery learning model on student learning outcomes in the human respiration system Discussion in Second class of Senior High School (XI IPA). This type of research is a quasi-experimental. The population were all students of class XI IPA SMA Negeri I Panai Tengah that amount 32 individu . The sampling technique were total sampling, where the entire population would been the sample in this study. The instruments used were tests, observation sheets and questionnaires. Data were analyzed using descriptive statistics, prerequisite tests and hypothesis testing with the help of SPSS version 22 software. From the results of hypothesis analysis showed the paired sample t-test (paired sample t-test), obtained tcount values of 5,422 and t table with ᾳ= 0,05, degree of freedom (dk)=15, then the t table value is 2.131. the value of t count > t table or 5.422 > 2.131 can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is a significant effect of the application of the discovery learning model on student learning outcomes in class XI IPA SMA Negeri I Panai Tengah in the 2019/2020 learning year.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Panai Tengah tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem Respirasi manusia di kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi, seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Panai Tengah berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, dimana seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 22.Dari hasil uji hipotesis, uji-t sampel berpasangan (Paired Sample t-test), diperoleh nilai thitung sebesar 5, 422 dan ttabel dengan α = 0,05,  dk = 15 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,131. Nilai thitung > ttabel atau 5,422 > 2,131 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri I Panai Tengah   tahun pembelajaran 2019/2020
Study the Effectivity Learning Outcomes of 2 type Learning Cooperative Methods (Make a Match & Scramble ) At the Junior high school Students in Labuhanbatu District || Studi Efektifitas Hasil Belajar 2 Metode Belajar Kooperatif (Tipe Make a Match & Tipe Scramble ) Pada Siswa SMP di Kabupaten Labuhanbatu Lilianti Lilianti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v7i2.2183

Abstract

This study aims to determine the comparison of student learning outcomes in the application of the Make a match learning method with the Scramble method on the subject matter of the Expression System. The research design used was a quasi experiment with a pretest-postest experiment group design. In the experimental class I who were taught using the Make a Match method the average score of student learning outcomes was 53,56 and the increase in the average score of student learning outcomes was 89,04. In the experimental class II which was taugh using the Scramble method the average score of student learning outcomes was 52,92 and the increase in the average score was 83,60. The results showed that there were differences in student learning outcomes between the experimental class I and experimental class II. These results indicate that the use of the Make a match learning method is more effective in improving student learning outcomes compared to the Scramble learning method in this study in second class (VIII) of Yapendak Ajamu Junior High School in 2019/2020 Learning Year.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan metode pembelajaran Make a match dengan metode Scramble pada materi pokok Sistem Eksresi. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan kelompok pretest-postest experiment group design. Pada kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Make a match skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 53,56 dan kenaikan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 89,04. Pada kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Scramble skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 52,92 dan kenaikan skor rata-rata 83,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Make a match lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran Scramble dalam penelitian ini dikelas VIII SMP Swasta Yapendak Ajamu Tahun Pembelajaran 2019/2020

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus July 2023 Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus March 2023 [IN PRESS] Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November, 9(3) 2023 Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November 2022 Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Juli 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015 More Issue